Infrastruktur Urat Nadi Perekonomian

BAGI Pemerintah Provinsi Jawa Barat, infrastruktur merupakan urat nadi perekonomian. Untuk itu, sejak 2009 hingga kini, Pemprov Jabar terus membangun jalan demi kesejahteraan masyarakatnya.

Berikut petikan wawancara antara wartawan Media Indonesia Sonny Budhi Ramdhani bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terkait program prioritasnya, yakni infrastruktur, akhir pekan lalu.

Infrastruktur menjadi program prioritas pemerintahan Anda sejak periode pertama Anda menduduki kursi Gubernur Jabar (2008-2013), mengapa ini Anda lakukan?

Pengembangan infrastruktur dilakukan guna mendorong dan menghadirkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan secara umum. Untuk itu, kami terus mengupayakan peningkatan kemantapan jalan.

Apa buktinya?
Sejak 2008 hingga kini, pelaksanaan program infrastruktur menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tingkat kemantapan jalan yang semula hanya 88,16 persen pada akhir 2008, kini melonjak pada kisaran 95,03 persen.

Capaian tersebut melampaui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat. Bahkan, kinerja pembangunan infrastruktur di Jawa Barat mendapat pujian dan penghargaan berturutturut sejak 2009 dari Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.Semua prestasi itu patut kita syukuri bersama.

Lalu bagaimana dukungan anggarannya?
Dalam pemerintahan saya, dukungan terhadap pembangunan infrastruktur ini sangat maksimal, misalnya untuk pembangunan jalur horizontal kawasan Jawa Barat bagian selatan yang kini sudah terhubungkan dengan jalan dan jembatan, dalam kurun waktu 2008 hingga 2011, pemerintah provinsi menggelontorkan Rp220,6 miliar. Anggaran itu digunakan untuk meningkatkan jalan sepanjang 32,35 kilometer, rehabilitasi jalan 57,6 kilometer, rehabilitasi jembatan 380 meter, dan pergantian jembatan 155 meter. Kemudian tahun-tahun berikutnya yang memang mencapai ratusan miliar untuk dukungan terhadap pembangunan infrastruktur ini.

Pariwara : Gloria Rent Car Network Site memberikan kesempatan kepada pebinis rental mobil untuk bergabung bersama kami di wilayah Provinsi Jawa Barat untuk layanan rental mobil Bandung, rental mobil Bogor dan rental mobil Bekasi. Bagi yang berminat silahkan hubungi Contact Person kami 081219509049.

Kemudian untuk periode sekarang (2013-2018) dalam program infrastruktur, apa yang Anda prioritaskan?
Kini sedang dipacu tiga tol baru, yakni tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), tol Cikapali (Cipalimanan), dan tol Soreang-Pasirkoja (Soroja).Ketiga tol tersebut diharapkan bisa dioperasikan akhir 2017 atau awal 2018.Akan lebih bagus jika itu bersamaan dengan penyelesaian pembangunan Bandara Internasional Kertajadi.

Selain itu?
Pemerintah Provinsi Jabar juga telah merencanakan alih fungsi jalan layang Pasupati, Kota Bandung, menjadi jalan tol, mengacu pada rencana pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BUTR) yang menghubungkan PasteurUjungberung dan Cileunyi.

Rencana pembangunan jalan tol itu tetap mempertahankan kendaraan bermotor dapat melintasi Jalan Pasupati. Menurut rencana juga akan dibangun jalan baru di sebelah jalan layang Pasupati atau dilakukan perombakan tepat di bawah Jalan Tamansari menuju Cihampelas.

Rencana pembangunan BUTR itu sempat ditunda sekitar 1,5 tahun karena mengalami kendala masalah surat persetujuan penetapan lokasi pembangunan (SP2LP). Untuk mendapatkan izin pembangunan itu, harus ada rekomendasi dari menteri jika tanah yang hendak dibebaskan milik kementerian.

Terkait dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tol itu?
Saya belum mengetahui besarannya.Namun, menyangkut masalah pembebasan tanah, dana yang dibutuhkan sekitar Rp1,9 triliun. (N-1) Media Indonesia, 25/11/2014, halaman 10

This entry was posted in Bisnis & Ekonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *