Pengunjung Tempat Wisata Membeludak

LIBUR Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah yang jatuh pada Minggu (5/10) dimanfaatkan penduduk Ibu Kota dan sekitarnya untuk berekreasi ke berbagai tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor, The Jungle Waterpark, dan Taman Margasatwa Ragunan. Sejak pukul 05.30 WIB, Kebun Raya Bogor telah dibuka dan dipadatai pengunjung. Ribuan orang sudah tumpah ruah di lapangan dekat taman teratai yang sejuk itu.

Selain tempat rekreasi, setiap Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di tempat itu juga diselenggarakan salat id. “Kita sudah buka pagi. Ada program dari bagian peribadatan, menggelar salat id di lapangan. Jumlah yang ikut ribuan dan bukan hanya warga Bogor,”kata Dony, Humas Kebun Raya Bogor, kemarin.

Dia mengatakan, seusai salat id, banyak warga yang tidak langsung pulang. “Ada cukup banyak jemaah yang menikmati suasana pagi. Mereka tidak langsung pulang dan memanfaatkan untuk berwisata,” ujarnya. Keramaian juga terjadi di tempat wisata air The Jungle di Bogor Nirwana Residence. Yudha, humas The Jungle Waterpark, menyebutkan jumlah kunjungan lebih banyak ketimbang hari biasanya.

“Lebih banyak. Bertambah 50% dari biasanya meskipun buka lebih lambat. Khusus untuk hari ini, kami buka pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB,” kata Yudha. Berbeda dengan Kebun Raya Bogor dan The Jungle Waterpark, di Taman Safari Indonesia (TSI), tidak terjadi lonjakan pengunjung. “Tidak terjadi lonjakan seperti Lebaran pada umumnya,” kata Yulius, Humas TSI.

Di Jakarta, Taman Margasat wa Ragunan (TMR) tetap menjadi tempat favorit warga saat libur tiba. Kepala Humas TMR Wahyudi Bambang mengungkapkan, kemarin siang, pengunjung di TMR telah tembus hingga 27 ribu meskipun tidak ada hiburan khusus. Sejak TMS dibuka pukul 08.30, kepadatan pengunjung sudah terlihat di pintu antrean masuk ke TMR. Sementara itu, puncak kunjungan terjadi sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Pihak TMR menerjunkan 450 petugas untuk melayani para pengunjung dibantu 50 personel gabungan dari polres dan polsek di wilayah Jakarta Selatan untuk pengamanan. (DD/Nel/J-4) Media Indonesia, 6/10/2014, hal : 6

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *