Festival Danau Toba Ingin Mendunia

FESTIVAL Danau Toba (FDT) yang akan digelar 17-21 September di Kabupaten Toba Samosir diharapkan dapat mendorong popularitas wisata di Sumatra Utara (Sumut) dan sekitarnya pada tingkat lokal dan internasional.
“FDT kali ini, selain mempromosikan citra Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama pariwisata di Sumut, juga harus mampu jadi salah satu ajang festival internasional bercitra kuat dan diakui dunia,“ ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Jakarta, kemarin.

Festival ini dapat meningkatkan pendapatan rekan-rekan pebisnis rental mobil di Sumatera Utara. Dan untuk pemesanan rental mobil Medan dapat menghubungi cabang Gloria Rent Car di Sumatera Utara.

Pasalnya, festival yang digelar Kemenparekraf bersama Pemprov Sumatra Utara dan Pemkab Toba Samosir akan menampilkan pameran dan atraksi pentas budaya masyarakat Sumut yang dapat memikat pengunjung hingga berhari-hari.
Sejumlah kegiatan itu seperti lomba Solu Bolon Dragon (dragon boat), Lake Toba’s World Drum Festival, lomba renang internasional dan renang rakyat, pentas budaya, lomba menyanyi, lomba arung jeram, fashion show, seminar dan pameran pariwisata, serta industri kreatif.

Sapta pun berharap festival yang digelar sejak 1970-an itu berdampak positif bagi pengembangan kawasan Danau Toba dan mempersatukan berbagai komponen masyarakat Sumut untuk berkontribusi dalam memeratakan kesejahteraan masyarakat.
“Yang juga penting mengajak masyarakat untuk mendukung pelestarian alam serta kreativitas budaya masyarakat kawasan Danau Toba, termasuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan di seluruh kabupaten/kota di Sumut,“ pungkas Sapta.

Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir Ultri Simangunsong menyatakan pada festival nanti ada penampilan seni budaya dari berbagai etnik Sumut oleh para pelajar, di Lapangan Singamangaraja XII Balige. “Kami ingin juga menularkan pelestarian kebudayaan kepada generasi muda kita melalui festival ini,“ tukas Ultri. (Tlc/H-2) Media Indonesia, 13/9/2014, hal 15

This entry was posted in Travelling and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *