Mobil Mobil LMPV Berbondong Mengawal Konsumen

Mobil-mobil di segmen LMPV masih akan menguasai panggung mudik Lebaran 2014. Bagaimana pabrikan LMPV melayani konsumen selama musim mudik menjadi menarik untuk diperhatikan.

ERAYAAN Hari Raya Idul Fitri 1435 H pada hari-hari ini sudah memasuki ritual uniknya, yakni mudik. Pada saat itulah akan bisa disaksikan kehebohan suasana terminal, stasiun, dan bandara yang luar biasa, juga kemacetan tingkat tinggi di sepanjang jalur mudik.

Pada saat itu pula para pabrikan otomotif terlihat berbondong-bondong memanjakan konsumen dengan bersiaga mengawal mereka yang pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi.

Seperti biasanya, salah satu jenis mobil yang pastinya akan banyak beredar di jalur mudik ialah low multipurpose vehicle (LMPV) yang memang menjadi segmen kendaraan penumpang paling laris di Indonesia. Bagaimana persiapan agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang bermain di segmen ‘sejuta umat’ itu dalam menemani mudik para konsumen mereka? ATPM itu, antara lain Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, dan Chevrolet, sudah membuat posko yang dapat digunakan baik untuk beristirahat maupun mengecek kondisi kendaraan, bengkel siaga, sampai bermacam bentuk layanan lain.
Sang penggubah Avanza, Toyota, mempersiapkannya melalui program Posko Mudik Holiday Campaign 2014 yang berlangsung pada 25 Juli-3 Agustus.

Menurut laman daring http://www.toyota.co.id, Toyota menyediakan 20 posko mudik yang tersebar di region Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Posko terbanyak terdapat di Jawa Barat dengan jumlah mencapai enam titik, yakni Merak, Cirebon, Nagreg, Rest Area Tol Cikampek, Cisarua, dan Cipanas. Di samping itu, terdapat pula sembilan bengkel siaga 24 jam di Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Magelang, Tegal, serta Kudus. Semua itu masih ditambah dengan 240 bengkel yang tetap buka sepanjang periode kampanye Lebaran tahun ini.

Daihatsu, pencipta LMPV Xenia, meluncurkan Daihatsu Holiday Campaign 2014. Pabrikan ini memasang kuda-kuda dengan layanan 24 hours emergency service di sembilan titik pos jaga plus 36 bengkel siaga yang tetap beroperasi meski libur Lebaran.

“Kami senantiasa memberikan layanan terbaik agar sahabat Daihatsu dapat berkendara dengan aman dan nyaman sampai ke tujuan,” ujar Direk Servis berbeda diberikan Suzuki melalui program Suzuki Peduli Mudik 2014: Lebih Mengerti Keluarga, 24 Juli-3 Agustus. Di samping membuka posko dan bengkel siaga, pabrikan pencipta Ertiga itu mempersembahkan Halo Suzuki Mudik Assistance.

Kepala Servis Nasional Roda Dua dan Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha menjanjikan, melalui program itu, setiap konsumen Suzuki yang menghampiri bengkel siaga dan mengisi daftar akan dipantau melalui telepon oleh tim Halo Suzuki tiap 1-2 jam sekali hingga selamat sampai tujuan. “Program ini cuma Suzuki yang punya,” akunya dalam konferensi pers di Jakarta, awal Juli lalu.

Suzuki sendiri mendirikan empat posko siaga, 40 bengkel siaga 24 jam, juga lima titik Suzuki Road Side Assistance (Sera). Keempat puluh bengkel siaga tersebar di Sumatra, Jawa, sampai Bali.
“Sera ada di tempat-tempat yang kami nilai sering menimbulkan masalah seperti Puncak, Nagreg, Alas Roban, juga area Jabodetabek, dan Surabaya,” ujar Riecky.

Pos Siaga Suzuki, lanjutnya, antara lain ada di Rest Area Tol Cikampek, Tegal, Banyumas, dan Nagreg.
Honda, yang kini punya jagoan baru, Mobilio, pada Lebaran tahun ini telah menambah tujuh bengkel siaga dan satu posko siaga dari tahun lalu hingga jumlahnya mencapai 80 titik bengkel dan 15 titik posko. Bengkel Siaga Honda beroperasi normal selama 26 Juli-3 Agustus, sedangkan posko siaga buka 24 jam pada 24 Juli-3 Agustus.
“Penambahan jaringan bengkel siaga dan berbagai fasilitas lainnya di tahun ini menjadi bukti komitmen Honda serta menciptakan rasa aman selama berkendara ke kampung halaman bersama keluarga,“ ucap President Director of PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida.

Pembawa LMPV Spin, Chevrolet, membuat program Chevrolet Lebaran Siaga 2014 berbekal lima posko siaga 24 jam, 15 bengkel siaga, serta mobile service. Lima Posko Siaga Chevrolet bertempat di Pamanukan, Cisarua, Nagreg, Alas Roban, dan Kuta.

Sebanyak 15 bengkel siaga terdapat di semua diler Chevrolet di region Sumatra, Jawa, hingga Bali. “Ada juga mobile service. Teknisi kami menginap di Hotel Merpati, Merak, Hotel Sidomuncul, Banyuwangi, dan Hotel Intan, Banyumas, untuk stand by,“ ucap Manajer Servis Nasional PT General Motors Indonesia Putra Samiaji, beberapa waktu lalu. (S-2) – Media Indonesia, 24 Juli 2014, Halaman 22

This entry was posted in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *