Sumatera Barat Dinilai Terbaik di Bidang Infrastruktur Indonesia

Jakarta, Zamrudtv — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menilai infrastruktur Sumbar terbaik di Indonesia. Atas keberhasilan itu, Kementerian Pekerjaan Umum memprioritaskan beberapa pembangunan infrastruktur strategis di Sumbar.

Gubernur Sumbar seperti dikutip Singgalang, Rabu(7/5) menyebutkan, Menteri PU bakal mempercepat pembangunan infrastruktur di Sumbar tahun 2014-216,

“Pembangunan infrastuktur itu sangat berkorelasi dengan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Pemprov bersama kabupaten/kota terus berusaha dan berjuang bagaimana menggaet pendanaan dari pusat. Tentu dibarengi dengan usulan program-program strategis,” jelas Irwan.

Beberapa pembangunan infratsruktur yang menjadi prioritas percepatan pembangunan meliputi, percepatan pembangunan infrastruktur jalan. Antara lain, Jalan dari Bypass menuju Duku-Sicincin-Balingka, Pembangunan jalan terowongan Ngarai Sianok – Jembatan Ngarai Sianok hingga melintas Bukittinggi (jalan alternatif). Total keseluruhan dana pembangunannya mencapai Rp2 triliun.

Khusus untuk pembangunan Terowongan Ngarai Sianok, panjangnya 1,1 km, lebar 11 meter dan tinggi 11 meter, perkiraan biaya Rp1,2 triliun. Selain terowongan juga dibangun jembatan Ngarai Sianok Tipe Cable Stayed bentang 2×450 meter (490 meter) dengan lebar 22 meter. Perkiraan biayanya Rp800 miliar.

“Pembangunan jalan dan terowongan ini bertujuan guna menghindari beberapa titik kemacetan di Lubuk Alung, Sicincin, Silaing, Padang Panjang – Koto Baru dan Padang Luar,” harap Irwan.

Selanjutnya, percepatan pembangunan Jalan Pantai Nipah menuju Pantai Padang hingga ke Bandara Internasional Minangkabau yang membutuhkan dana Rp470 miliar. Juga ada pembangunan Jalan Padang Aro-Sungai Dareh-Batas Jambi, dengan dana Rp370 miliar.

Lalu, Pembangunan Jalan Teluk Bayur-Tarusan-Pasar Baru-Alahan Panjang-Kiliran Jao (Rp950 miliar), pembangunan Jalan Lingkar Timur, Padang (Rp16 miliar), pembangunan Jalan Lingkar Barat, Padang Panjang (Rp70 miliar). Sumber ZamrudTV.com

Note: Diharapkan dengan pembangunan infrastuktur diatas, dapat dilaksanakan dengan cepat tentunya ini akan memberikan nilai terbaik bagi mereka yang ingin paket wisata Padang. Karena perjalanan akan semakin cepat dan macet akan terhindari untuk masa di depan.

This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *