New Mitsubishi Outlander Sport Penyempurnaan si SUV Perkotaan

KONSEP awal Mitsubishi Outlander Sport saat pertama kali diluncurkan pada 2012 sangat jelas, yaitu Mitsubishi ingin menciptakan sebuah sport utility vehicle (SUV) perkotaan, dengan memadukan keandalan performa SUV dengan nuansa elegan dan kenyamanan sebuah sedan saloon.

Kini, melalui New Mitsubishi Outlander Sport yang diperkenalkan dua tahun setelahnya, pabrikan pencipta sedan legendaris Lancer itu ingin mempertebal kemampuan plus kenyamanan berkendara dengan Outlander Sport di perkotaan.
Maka, SUV betampang garang itu pun `lahir kembali’ dengan berbagai perubahan eksterior dan interior.
Namun, perubahan yang paling berpengaruh ialah penyetelan ulang pada perangkat lunak transmission control unit (TCU) serta suspensi.

Head of Technical Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Boediarto mengklaim penyetelan ulang pada TCU akan menimbulkan rasa berkendara lebih agresif. Adapun komposisi oil spring maupun absorber membuatnya lebih nyaman saat melindas jalanan perkotaan di Indonesia yang kondisinya beragam.

“Akselerasi di kecepatan 40-60 km/jam atau 60-80 km/ jam bisa lebih cepat satu sampai dua detik,“ tukasnya dalam acara peluncuran New Outlander Sport, Senin (19/5) di Jakarta.

Aspek kenyamanan ditingkatkan bukan hanya lewat kinerja suspensi. Bangku baris belakang kini dapat le bih direbahkan hingga 6 derajat jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yang juga menjadi salah satu upaya Mitsubishi `menyempurnakan’ Outlander.

Interior dan eksterior Tampilan eksterior New Outlander Sport juga tak ketinggalan dipermak menjadi makin bergaya. Itu terutama berkat desain anyar grille, bemper depan dan belakang, sampai fog lamp (lampu kabut) serta wheel arch trim.

Begitu pun di sisi interior, terdapat steering wheel yang kini berdesain tiga palang (three spoke) lengkap dengan fitur audio switch. Konsol tengah kemudi berhiaskan carbon print, ditambah power window panel yang ditambahkan ornamen carbon print pula (khusus varian PX).

Adapun fitur-fitur mewah yang telah ada sebelumnya masih dipertahankan. Ya, tetap ada panoramic glass roof dengan pencahayaan LED, magnesium paddle shift, keyless operating system, dan one touch start system.
Jangan lupa, masih pula ada `senjata’ utama, yaitu mesin 2.0 L MIVEC dengan tenaga 150 PS di 6.000 rpm dan torsi 20.1 kgm pada putaran mesin 4.200 rpm. Senjata tersebut dikombinasikan dengan transmisi INVECS-III CVT dengan sport mode.

Fitur-fitur keamanan juga masih sama, antara lain struktur bodi Mitsubishi RISE, dual SRS airbag, safety realease brake pedal, ABS, EBD, brake override system.

Harga New Outlander Sport berkisar Rp302 jutaRp342 juta (OTR Jakarta) untuk tiga varian, GLX, GLS, dan PX. “Harga tidak berbeda. Malah di GLS kami reduksi Rp2 juta karena penyesuaian dari bahan jok kulit ke fabric. Yang jok kulit kini PX saja,“ ujar Head of Passanger Car Sales Department KTB Imam Choeru Chaya. (Xan/S-2) – Media Indonesia, 22/05/2014, halaman 23

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *