Presiden Resmikan Bandara Kualanamu

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pengoperasian Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, kemarin. Di lokasi yang sama, Kepala Negara secara simbolis juga meresmikan lima proyek dan bandara lain, yakni Terminal Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau, terminal penumpang Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Bandara Muara Bungo di Jambi, Pekon Serai di Lampung Barat, dan Pagar Alam di Lahat, Sumatera Selatan.

Proyek lain yang diresmikan ialah Geopark Kaldera Toba. Lokasi itu ditetapkan sebagai taman bumi kaldera terbesar di dunia, yang juga sudah masuk daftar Global

Geopark Network UNESCO.
Presiden mengungkapkan sektor transportasi sangat penting untuk meningkatkan konektivitas wilayah. “Itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan ekonomi dan memenuhi kebutuhan warga.” Kualanamu menggantikan Bandara Polonia yang dinilai sudah tidak layak sebagai bandara internasional. Pembangunan bandara seluas 1.365 hektare itu sempat terkendala karena anggaran dari pemerintah pusat tersendat. Dana yang dikucurkan untuk pembangunannya mencapai Rp5,59 triliun, berasal dari APBN sebesar Rp3,39 triliun dan PT Angkasa Pura Rp2,2 triliun.

Guna mendukung kelancaran transportasi menuju bandara, pemerintah pusat sudah membangun jalur transportasi kereta api dari Medan ke Kualanamu. Dengan begitu, Kualanamu menjadi satu-satunya bandara di Indonesia yang terkoneksi dengan moda kereta api.

Selain itu, saat ini sedang dibangun jalan tol dari Medan ke Kualanamu dengan panjang 18 kilometer. Pembangunan tol itu dimodali swasta, yakni konsorsium PT Hutama Karya dan dua perusahaan kontraktor asal Tiongkok dengan biaya Rp1,5 triliun.

“Bandara Kualanamu sudah melayani 205 penerbangan per hari yang dioperasikan 14 maskapai. Sejak Juli 2013 hingga Desember 2013 jumlah penumpang mencapai 8,05 juta orang,” ungkap Dirut PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko. (PS/N-2/MEDIA INDONESIA,28/03/2014; HAL:10)

This entry was posted in News and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *