Selamat Tinggal Showroom Mobil

APA yang Anda lakukan saat ingin membeli mobil? Pergi ke diler mobil, showroom, atau cukup membuka layar laptop dan mencari mobil incaran Anda melalui laman internet? Sekarang sudah bukan zamannya lagi menghabiskan waktu berkeliling dari satu diler ke diler lain hanya untuk melihat mobil idaman sekaligus membandingkan harganya.

Setidaknya itulah gaya baru yang makin ngetren di Amerika Serikat untuk membeli kendaraan mereka.

“Ini perubahan dramatis yang kita lihat di industri otomotif, bagaimana gaya orang-orang membeli mobil dalam 50 tahun terakhir,” ujar McKinsey’s Senior Partner, Hans-Werner Kaas.
Dalam survei yang dilakukan bersama timnya di McKinsey’s, Kaas menemukan fakta bahwa pembeli mobil di era digital ini lebih banyak memanfaatkan internet ketimbang pergi ke diler atau showroom.

Kini rata-rata pembeli hanya mengunjungi 1,6 diler otomotif saat berbelanja mobil. Padahal 10 tahun lalu pembeli masih mengunjungi rata-rata lima diler.

“Konsumen memiliki informasi lebih dari online dan sumber lain. Jadi, mereka tidak perlu mengunjungi banyak diler,” lanjut Kaas.

GM Mossy Volkswagen, Simon Soaf, di Carlsband, California, tidak menyangkal perubahan itu.

Untuk di Pekanbaru, Riau anda bisa mengunjungi RiauCar.com untuk solusi jual beli mobil.

“Hari ketika 6 atau 7 pengunjung
datang berbelanja mobil (ke diler) telah berlalu. Itu tidak terjadi lagi. Konsumen lebih cerdas,” ujarnya.

Bahkan kalaupun ada konsumen yang mendatangi diler, kata Simon, mereka sebelumnya sudah melakukan ‘riset’ kecil-kecilan melalui internet.

Dengan kata lain, internet telah menjadi media utama yang mengendalikan penjualan.

Apa yang dilakukan Mona Giamonco barangkali bisa dijadikan salah satu contoh betapa internet telah menjadi jalan
termudah dan termurah untuk membeli kendaraan. Sebagai perempuan sibuk, Mona tidak memiliki waktu untuk berkeliling diler mencari mobil Volkswagen Passat kesukaannya.

Karena alasan itu, ia pun memanfaatkan jasa penjualan mobil dari pihak ketiga, yakni Costco, sebuah laman jual beli mobil.

Costco pun kemudian menyambungkannya dengan diler Volkswagen yang memiliki sedan kelas medium andalan pabrikan asal Jerman tersebut.

Tak sampai 48 jam, Mona bisa FREDY mendapatkan Passat idamannya dengan harga yang bahkan lebih murah ketimbang harga penawarannya.

“Pembeli mobil dapat lebih menghemat ratusan dolar ketimbang harus berkeliling diler untuk mendapat kesepakatan terbaik,“ terang GM Costco Auto Program Jeff Skeen.

Pembeli, imbuh Jeff, akan melihat tiga hal: a good deal, tidak ada tawar menawar, dan tidak membuang waktu.

Namun, apakah itu bisa disebut cara masa depan membeli mobil?
Belum tentu. Ini hanya contoh perubahan drastis cara membeli mobil di masa kini. Kita tidak tahu seperti apa di masa mendatang.
(Cnbc/*/S-2/ Media Indonesia, 27/02/2014)

This entry was posted in Teknologi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *