Pantai Purus Padang Bakal Ditata Kembali

Pasca pembongkaran kios-kios dan tenda ceper yang berada di sepanjang pantai Purus Padang untuk simulasi gempa kemarin, Pemko Padang bakal menata pantai tersebut. Rencananya, Pemerintah Kota Padang bakal membangun Long Cafe Cimpago.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Deno Indra Firmansyah, sekitar 130 pedagang yang tempatnya dibongkar kemarin, sudah sepakai untuk mau direlokasi ke bantaran Danau Cimpago.

Note: Pembangunan ini tentunya memberikan manfaat yang sangat baik bagi industri pariwisata di Padang. Kemudian dengan semakin baiknya sarana dan prasana objek wisata juga dapat memberikan keuntungan tersediri bagi pengusaha sewa mobil Padang. Mari kita dukung Pemerintah Kota Padang semakin gencar melakukan perbaikan-perbaikan tempat sarana objek wisata.

“Dari 101 pedagang yang kita undang untuk rapat, hadir 130 orang. Mereka setuju direlokasi di tempat sementara di badan jalan depan Danau Cimpago,” kata Deno.

Para pedagang hanya dibolehkan mendirikan kios semipermanen tanpa merusak fisik jalan. “Tempat itu hanya sementara, menjelang dibuatkannya bangunan permanen untuk pedagang. Tempat itu berupa Long Cafe Cimpago (LCC), yang rencananya dibangun di tepi Danau Cimpago,” sebutnya.

Untuk biaya pembangunan LCC itu, Pemko Padang tidak mengeluarkan uang. Dana pembangunan berasal dari pihak ketiga sebesar Rp 1,5 miliar. Anggaran tersebut merupakan partisipasi dari BNI dan PT Semen Padang serta BUMN-BUMN lainnya yang dikoordinir PT Semen Padang.

Sesuai rencana, LCC mulai dibangun bulan ini dan ditargetkan tuntas dua bulan berikutnya. Masing-masing kios berukuran 120 m2. Selain kios, LCC juga dilengkapi seperti mandi, cuci, kakus (MCK) dan mushala berukuran 36 m2 . Untuk lokasi di bibir pantai, payung hanya boleh diisi meja dan kursi. (tim/zamrudtv.com)

This entry was posted in Bisnis & Ekonomi, News, Travelling and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *