Pajero Sport V6 Gasoline Jangan Remehkan Mesin Bensinnya

“Mobil ini didukung mesin bensin tangguh dengan VIC yang mampu memberikan tenaga terbesar di kelasnya.
Teknologi MIVEC ikut membantu menghasilkan tenaga, tetapi dengan suara mesin halus.”

Kosei Tamaki Executive GM Mitsubishi Motor Corp
PAJERO Sport, sport utility vehicle (SUV) legendaris Mitsubishi, akhir tidak hanya berkutat dengan mesin diesel. Varian mesin bensin dikeluarkan. Namun, pabrikan asal Jepang itu mewanti-wanti khalayak agar jangan memandang remeh kemampuannya.

New Pajero Sport V6 Gasoline, sesuai namanya, berjantung mesin V6 MIVEC 3.0 SOHC. Dengan didukung teknologi variable induction control (VIC), jagoan di dapur pacunya itu diklaim sebagai yang paling bertaji di antara para kompetitor.
mitsubishi pajero sport

Sekilas Info : Rental Mobil Mewah Padang –> Hotel Pekanbaru

“Mobil ini didukung mesin bensin tangguh dengan VIC yang mampu memberikan tenaga terbesar di kelasnya.
Teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) ikut membantu menghasilkan tenaga, tetapi dengan suara mesin halus,“ aku Executive General Manager Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Kosei Tamaki, Jumat (7/3), dalam acara peluncuran New Pajero Sport V6 Gasoline di Jakarta.

Suara halus tersebut antara lain berkat penggunaan blok silinder aluminium nan ringan pada teknologi MIVEC yang berfungsi membantu pendinginan mesin di putaran rendah. Tingkat emisi gas buang pun tereduksi karenanya.

Gelontoran daya maksimum yang dihasilkan, menurut Mitsubishi, ialah 220 PS pada kitiran 6.250 rpm. Adapun torsi puncaknya mencapai 28,7 Kgm saat putaran mesin mencapai 4.000 rpm.

Namun, apakah mesin SOHC Pajero Sport satu ini bisa diandalkan? Head of Field Service Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Boediarto menjamin dengan teknologi seperti MIVEC dan VIC, mesin SOHC milik Pajero Sport itu memiliki kinerja moncer.

“Valve intake pada saat rpm rendah yang terbuka hanya satu setengah, itu juga tidak terbuka penuh. Hal ini berpengaruh pada efisiensi,“ papar Boediarto.

“Kalau (rpm) sudah medium ke atas, secara bertahap bukaan (valve intake) akan berubah drastis sehingga aliran udara lebih banyak masuk. Dipadu dengan suplai bensin yang telah diatur lalu menghasilkan tenaga sebesar itu (220 PS),“ lanjutnya.
Fitur Dakkar Head of Passanger Car and Light Commercial Vehicle Department KTB Imam Choeru Cahya menambahkan, secara tampilan, perbedaan New Pajero Sport V6 Gasoline ada di kaca spion dengan lampu sein, door handle berwarna senada dengan bodi, desain alloy wheel ban 17 inci, juga emblem V6 MIVEC serta V6 3.0 yang mempertegas kemampuannya.

“Kelebihan-kelebihan yang ada di varian Dakkar juga kami terapkan seperti sun roof, lampu kabut, interior bernuansa hitam, dan air bag.“

Operating General Manager KTB Duljatmono menambahkan, alih-alih varian 2.4 L, KTB memang langsung membawa yang berkapasitas 3.0 L dari Thailand.

“Fortuner ada varian mesin bensin 2.7 l. Untuk dapat berkompetisi kami pilihlah 3.0 l karena dari performa lebih tinggi,“ tutupnya soal SUV seharga Rp481 juta on the road Jakarta dengan target 150 unit per bulan tersebut.
(Xan/S-2/Media Indonesia, 13/03/2014)

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *