10 Tahun Daihatsu Xenia Melanglang Buana

Sepuluh tahun sudah Daihatsu Xenia melanglang buana di kancah low multi purpose vehicle (LMPV) pasar otomotif Indonesia. Perayaan satu dekade sepak terjang kompatriot sejati Toyota Avanza itu bakal Daihatsu lakukan selama 10 bulan dengan 10 program yang akan dihelat di tiap-tiap bulan.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan, ulang tahun Xenia sebenarnya jatuh pada Januari. Lantas, kenapa pesta baru dimulai di bulan ketiga?

“Ini karena magic number-nya adalah 10. Kami melakukannya agar puncak perayaan terjadi di Desember. Ada 10 program, di 10 kota, selama 10 bulan,“ ucapnya dalam acara kick off perayaan ulang tahun Xenia, Senin (3/3), di Jakarta.

Daihatsu, ucap Amelia, tak hanya sekadar membuat program-program nan gebyar, tetapi juga akan memberikan sumbangsih melalui empat pilar kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR), yakni lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan.

Caranya, Daihatsu wajib menyumbangkan Rp10 ribu per orang yang mendaftarkan diri mengikuti beragam kegiatan yang dilakukan pabrikan asal Jepang itu. Dana kemudian akan dialokasikan untuk kegiatan CSR di empat pilar di atas.

Memasuki penghujung acara, Amelia mengungkapkan cita-citanya agar Xenia terus dapat menemani tumbuh-kembang keluarga Indonesia, seperti yang telah dilakukannya selama 10 tahun ke belakang. “Kami ingin seperti generasi (Toyota) Kijang yang tidak hanya berusia 10 tahun, tapi sudah 40 tahun,“ tukasnya.

Sembilan Kepala Divisi Pemasaran Domestik ADM Rio Sanggau mengutarakan, berbagai kegiatan telah disusun selama 10 bulan untuk menyemarak kan hari jadi kesepuluh LMPV yang hingga saat ini telah terjual 450 ribu unit itu.

Di samping gathering, kontes foto Xenia dan keluarga, serta kuis harian di radio-radio lokal, ada pula pembelajaran safety driving sembari mengisi liburan sekolah, tendang bola dan menonton bareng piala dunia hingga mudik asyik.

Satu keistimewaan yang ditawarkan Daihatsu bagi Xenia Maniers-sebutan bagi partisipan program ulang tahun Xenia–ialah kesempatan merekondisi mobil Xenia mereka. Daihatsu akan memilih sembilan orang beruntung yang mendaftar.

“Syaratnya antara lain ialah jarak tempuh kilometernya bagi sembilan Xenia itu adalah yang terjauh, paling rajin mengikuti perawatan berkala, dan mobil atas nama sendiri,“ papar Rio.

Xenia yang terpilih, janji Rio, akan direkondisi sampai kondisinya seperti saat LMPV satu ini keluar dari pabrik. “Jangan khawatir, selama masa rekondisi kami akan meminjamkan mobil pengganti.“

Tak hanya itu, Daihatsu menyiapkan sembilan Xenia generasi teranyar yang akan diberikan sebagai hadiah. (Xan/S-2/Media Indonesia, 06/03/2014)

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *