Subaru: Memadukan Performa dan Kenyamanan

Bentuk bodinya yang membusur, menukik turun dari belakang ke depan, membuat Subaru XV terlihat spesial.
ANDALAN Subaru di segmen sport utility vehicle (SUV), Subaru XV, sudah mengaspal di jalanan Indonesia sejak tahun lalu. SUV berdimensi kompak tersebut dipasarkan dalam dua tipe, yaitu 2.0i dan 2.0i Premium.

Sebagai modal untuk bersaing dengan pemain-pemain lama di kelas itu, Subaru Xv menggantungkan asa pada perpaduan performa mesin 2.0 liter DOHC 16-valve 4 silinder berpenggerak empat roda (all wheel drive/AWD) dengan aspek kenyamanan di dalam kabin depan atau kabin penumpang.

Mesin Subaru XV memiliki ciri khas yang berbeda dengan SUV kompetitornya. Ia menggunakan konsep mesin boxer (horizontal opposite) dengan titik gravitasi lebih rendah, suara lebih halus plus sistem AWD full-time atau selalu bekerja dengan sistem 4×4.

Mesin yang mampu melontarkan tenaga 150 ps dan torsi 195 Nm itu serasa menemukan jodohnya dengan transmisi otomatis lineartronic CVT enam-percepatan dengan fitur paddle shift di belakang setir. Berkat itu, tarikan gas awal saat diinjak sangat responsif, tidak seperti transmisi otomatis pada umumnya.

Kian paripurna ketika kemampuan mesin itu didukung daya cengkeram ban serta kestabilan Subaru XV yang menjadi salah satu andalan mobil tersebut.

Stabilitas dan body roll Subaru XV yang tergolong ciamik antara lain disebabkan oleh rancangan symmetrical AWD yang membuat as roda depan, as roda belakang, dan penghubungnya sama panjang. Ditambah dengan suspensi MacPherson strut di depan dan Double Wishbone di belakang yang diklaim mampu meredam guncangan akibat jalan rusak.

Dari sisi eksterior, bentuk bodinya yang membusur, menukik turun dari belakang ke depan, membuat Subaru XV terlihat spesial. Desain pelek palang lima ukuran 17 inci warna hitam yang khas dengan aksen perak yang mengitari pinggirnya makin memberi kesan tampilan mobil itu misterius, tetapi atraktif.

Dari sisi aspek kenyamanan dan hiburan, mobil yang dipasarkan oleh MotorImage Indonesia itu patut pula diberi kredit plus. Selain ruang kaki relatif lega, di depan terdapat layar sentuh berukuran 8 inci yang mampu memainkan audio dari CD, USB, dengan dibantu enam speaker.

Cek harga rental mobil mewah Padang, Sumatra Barat

Layar itu bisa memainkan film DVD dan menampilkan hasil sorotan rear parking camera dan sensor saat Subaru XV berjalan mundur. Tampilan GPS pun bisa dicermati di layar tersebut.

Sistem audio kompatibel dengan gadget Ipod dan dapat pula dikoneksikan dengan telepon genggam melalui bluetooth. Pengemudi juga dapat dengan mudah mengendalikan audio dari lingkar kemudi melalui fitur steering wheel mounted audio remote control switches.
(Xan/S-25/ Media Indonesia, 27/02/2014)

This entry was posted in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *