Kaca Buram Dan Cek Wiper.

Perawatan kendaraan bermotor roda empat dengan membawa ke salon mobil bukan sekadar untuk membuat mobil wangi dan segar, tetapi perhatikan pula hal lain yang menyangkut kenyamanan yang mendukung keselamatan berkendara. Bagian lain yang biasanya dianggap normal sebaiknya dicek lagi.
“Misalnya kaca dan wiper, itu penting untuk dicek, apakah kaca buram dan wiper masih layak, kata Jason dari Fit Gless Jalan Raya Jemursari Surabaya.

Biasanya setelah lewat musim kemarau dan masuk musim hujan kaca mobil yang sebelumnya selalu berdebu langsung diseka dengan wiper. Akibatnya permukaan kaca menjadi baret tipis karena debu.
Demikian juga dengan wiper dan cairan pembersih kaca. “Cek semua. Kalau kaca buram dan baret bisa dipoles. Lihat juga pakah motor wiper ini macet atau masih berfungsi,” paparnya.

Tidak ada cara lain untuk kaca buram atau baret kecuali dipoles. “Disarankan tidak memberi cairan pembersih tertentu pada kaca seperti sabun atau sampo karena material kaca berbeda-beda. Dikhawatirkan justru tambah buram,” tambahnya.

Ada cairan khusu untuk wiper. Jika tidak, justru akan timbul kerak dan flek pada kaca, bahkan kaca bisa berjamur. Menurut Jason secara normal usia karet pembersih kaca ini fleksibel bergantung berapa lama mobil terjemur atau kena matahari. Dalam pemakaian normal usia wiper sekitar satu tahun, tetapi bisa dicek dengan menggerakkan wiper ini pada kaca yang basah.

“Kalau ada air yang masih tersisa setelah wiper digerakkan berarti sudah waktunya diganti,” ujarnya.

Selain kaca dan wiper, periksa pula lampu utama mobil. Kaca lampu atau reflektor yang buram dan kotor mempengaruhi penerangan pada malam hari. Periksa kualitas dan usia lampu. Untuk pembersihan kaca mobil yang buram sebaiknya dikerjakan di bengkel khusus.

Tanda Mobil Butuh Anti Karat.
Ini tanda mobil harus diberi antikarat ulang. Segera lakukan sebelum karat semakin banyak.

  • ┬áCek chasis, kalau sudah ada warna merah-merah (air bekas karat) berarti karat sudah mulai muncul. Itu saatnya memberik antikarat ulang.
  • Lihat juga rumah roda. Biasanya ada warna hitam antikarat. Kalau sudah ada warna keputih-putihan aritnya waktunya pemberian antikarat ulang.
  • Biaya antikarat keseluruhan sekitar Rp 250.000. Lama pengerjaan sekitar 3 jam. Antikarat ini untuk perawatan normal selama lima tahun.

Sumber Media Surya, 20 November 2013.

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *