Banjir : Secepatnya Bongkar Lantai Karpet

Bukan tidak mungkin saat musim hujan, mobil terjebak banjir dan air masuk ke dalam mobil. Tentu tak ada yang menginginkan kondisi ini. “Kalau air masuk ke mobil, jangan ditunggu lama. Secepatnya karpet lantai dibongkar,” kata Jason.

Kalau dibiarkan 2-3 hari, karpet yang sudah terendam air banjir akan menimbulkan bau dan sulit untuk dihilangkan. “Bau tak sedap ini akan menempel ke AC dan plafon. Nah, kalau ini yang terjadi malah memerlukan biaya besar,” tandasnya.

Jika tidak ada waktu membersihkan dan membongkar karpet mobi yang terkena air banjirm banyak bengkel yang bisa membereskan masalah ini. “Untuk perawatan karpet mobil dibongkar dan dibersihkan harus diberi obat anti bau,” tambahnya.

Menurutnya, di lantai mobil ada lapisan spons tebal. Spons ini harus dijemur kering agar tidak menimbulkan bau. “Setelah karpet mobil dibongkar, mobil bisa dibawa jalan. Tiga hari kemudian kembali ke bengkel dan karpet bisa dipasang,” paparnya.

Setelah kehujanan jangan tunggu air di permukaan mobil kering untuk dicuci. Bila didiamkan terlalu lama dikhawatirkan membuat permukaan mobil berkarat dan kusam.

Gunakan sabun mobil berbusa dan spon halus saat pencucian. Bahan yang kasar hanya akan membuat baret di permukaan kaca dan bodi kendaraan.

Supaya kelenturan karet terjaga gunakan silikon secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet. Selain itu, secara berkala beri juga pelumas pada bagian engkel pintu mobil agar tidak berkarat.

Mobil sebaiknya diparkir di garasi atau tempat parkir tertutup agar tidak kenahuna lagi setelah dicuci.

Beri lapisan koran di karpet, agar saat hujan bisa langsung masuk tanpa membasahi lantai. Begitu selesai digunakan kertas langsung dibuang dan sek bagian lembap dengan kain kering.

Sumber Media Cetak Surya (surya.co.id), 20 November 2013

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *