Kemantapan Jalan 97,5 Persen

Dinas Bina Marga Jawa Barat harus mengurusi jalan provinsi yang panjangnya mencapai 2.191 kilometer. Kerja keras yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir berhasil membuat kemantapan jalan di wilayah itu mencapai 97,5 persen.
“Capaian ini meningkat ketimbang tahun sebelumnya yang mencapai 89,9 persen,” papar Kepala Dinas Bina Marga Guntor, di Bandung.

Tugas Bina Marga, lanjut dia, ialah mengurangi kerusakan jalan yang mencapai panjang 166 km lebih. Saat bersamaan, mereka juga menjaga 1.969 km lebih panjang jalan harus dalam kondisi baik. Pihaknya juga melakukan sejumlah terobosan, diantaranya membangun jalan di wilayah selatan, mulai Pelabuhan Ratu, Sukabumi hingga Kabupaten Pangandaran.
Jalur selatan itu membuka akses warga di Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran.

Di Malang, Jawa Timur, warga justru memprotes kebijakan pemkot yang menetapkan kebijakan lalu lintas satu arah. Sekitar 600 warga berunjuk rasa di alun-alun, depan Gedung DPRD. Yang mereka protes ialah kebijakan Walikota Malang Mochammad Anton yang menetapkan jalur satu arah dari Jalan MT Hariyono sampai Oro-oro Dowo.
“Penerapan jalan satu arah membuat kegiatan ekonomi warga menurun. Warung nasi yang berdekatan dengan kampus Universitas Brawijaya jadi sepi.” papar Fery Al Kahfi, warga.

Pembenahan lalu lintas dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan membangun jalan pantai. Proyek pembangunan jalan sepanjang 8 km itu membutuhkan dana Rp 5 Triliun. “Kami akan menjaring investor yang memiliki kemampuan membangun proyek ini,” papar Kepala Bappeda Suryanto.

Di Purwokerto, Jawa Tengah, PT Kereta Api harus membongkar bangunan liar di sekitar stasiun. “Ada 70 bangunan yang dibongkar di Tegal – Kutoarjo, Purworejo, Banjar Patroman, Kroya dan Cilacap,” papar juru bicara PT KAI Purwokerto Surono.

Sumber Media Cetak : Media Indonesia, 3 Desember 2013

This entry was posted in Transportasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *