Bali Butuh Rp 750 Miliar Untuk Jadi Tuan Rumah PON 2020

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, Provinsi Bali harus menyiapkan dana sedikitnya Rp 750 miliar. “Untuk menjadi tuan rumah PON mendatang, Bali harus mempersiapkan dana sedikitnya Rp 750 miliar,” kata Mangku Pastika seusai acara simakrama atau tatap muka dengan masyarakat di Denpasar, Rabu (30/11).

Ia mengatakan untuk menjadi penyelenggara pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut, selain menyiapkan dana juga harus menyiapkan atlet-atlet andal. “Memang pemerintah pusat melalui KONI Pusat akan membantu pendanaan untuk penyelenggaraan. Akan tetapi, di satu sisi pihak tuan rumah juga harus menyiapkan infrastruktur penunjang lainnya yang berstandar nasional,” ucap mantan Kapolda Bali itu.

Mangku Pastika lebih lanjut mengatakan Bali masih perlu pembenahan dan pembangunan sarana olahraga, seperti kolam renang dan pacuan kuda yang bertaraf nasional atau internasional. “Kalau menjadi penyelenggara PON kita harus memiliki semua sarana cabang olahraga tersebut,” ujarnya.

Note: Sepertinya teman-teman rental mobil Bali akan ketiban rejeki gede, jika pelaksanaan PON 2020 dilaksanakan di Provinsi Bali.

Karena itu, semua sarana penunjang olahraga yang dipertandingkan harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Untuk saat ini, dalam APBD 2014, belum ada penganggaran untuk membuat sarana tersebut. “Mungkin untuk penganggaran persiapan menjadi tuan rumah PON, kita mulai pada 2015. Itu harus dilakukan secara bertahap. Contohnya untuk merenovasi GOR Ngurah Rai di Kota Denpasar memerlukan dana miliaran rupiah,” kata dia.

Saingan Bali untuk menjadi penyelenggaran PON 2020 cukup banyak, diantaranya Papua, Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh dan Jawa Tengah. “Memang daerah saingan untuk menjadi tuan rumah PON cukup banyak. Oleh karena itu, sebelum menyatakan siap, kita harus menyiapkan segala sarana dan prasarana itu,” tutup Mangku Pastika.

Sumber Media Cetak : Media Indonesia, 2 Desember 2013

This entry was posted in News and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *