Tokyo Motor Show 2013

Tokyo Motor Show 2013 menjadi ajang produsen mobil ternama untuk memamerkan produk mereka mulai dari mobil keluaran terbaru, mobil yang masih menjadi mimpi (konsep berpenampilan visioner yang belum diproduksi massal) hingga mobil lawas yang pernah melegenda. Untuk yang terakhir, mobil itu kembali dimunculkan karena besarnya minat pasar.
Mobil reborn itu banyak dijumpai di booth Nissan Motor CO Ltd. Saat mengunjungi stan tersebut, mata JPNN dimanjakan dengan Nissan Bladeglider yang memang futuristis seperti pesawat terbang. Tetapi yang menjadi daya tarik utama di tengah pangguh adalah Nissan IDx Freeflow yang bersanding dengan Idx Nismo.

Menurut Exploratory anda Advanced Product Department Nissan Motor CO Ltd Japan Takahiro Ohno, Nissan IDx Freeflow merupakan produk yang diinginkan anak muda. “Kami merangkul sekitar seratus anak muda dengan usia kahir belasan hingga awal tiga puluhan baik secara online maupun meeting di kantor kami untuk membicarakan desain dari mobil ini,” tuturnya ramah.
Mereka diajak berdiskusi tentang dimensi dan bodi mobil yang mereka inginkan. “Kami tidak menyebut ini sebagai survei, tetapi lebih kepada diskusi pengembangan dan ini intens kami lakukan selama setahun,” ujar Takahiro.

Hasilnya adalah mobil IDx Freeflow sengaja diwarnai cokelat paduan silver untuk eksterior karena mayoritas peserta diskusi adalah penyuka fashion dan desainer interior maupun arsitek. “Menurut mereka, warna cokelat itu menggambarkan kemewahan dan everlasting. Lihat saja pembungkus joknya, semua menggunakan bahan jins yang washed dan everlasing. Lihat saja pembungkus joknya, semua menggunakan bahan jins yang washed dengan benang coklat,” jelas pria yang sudah 20 tahun bekerja di Nissan Jepang itu.
Melihat IDx Nismo, jelas aura balap tampak kental sekali. “Kalau yang ini berhasil pengembangan bersama para maniak game balap mobil. Ini sentuhan imajiner mobil balap yang mereka inginkan ada di sebuah mobil,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Toshiyuki Shiga, vice chairman Nissan Motor CO Ltd yang ikut berbincang, mengaku bahwa mobil itu belum akan diproduksi dalam waktu dekat karena pihaknya sedang melihat respons pasar terlebih dahulu melalui TMS 2013. “Mungkin dalam empat tahun ke depan mobil ini diproduksi masal,” jelas pria yang pernah memimpin Nissan Motor Indonesia selama lima tahun tersebut.
Berdasarkan pengataman JPNN, Toyota sebetulnya lebih dahulu membuat mobil reborn, yakni Toyota FT86. Sedan itu merupakan reborn AE86 yang cukup sukses diterima pencinta mobil coupe (dua pintu).

Tahun ini, di TMS 2013, Toyota menyempurnakan mobil reborn tersebut versi cabriolet. Suzuki tidak tertinggal. Penjelajah mininya, yakni varian Jimmy, kembali lahir jadi mobil konsep bernama X-Lander. Dimensi dan platform sasis sama dengan yang digunakan Jimny, kembali lahir jadi konsep bernama X-Lander. Dimensi dan platform sasis sama dengan yang digunakan Jimny.
Bukan hanya mobil reborn, mobil-mobil kuno yang pernah tercatat dalam sejarah industri otomotif Jepang ditampilkan di TMS 2013. Honda Motor membawa mobil balapan Formula One (F1) RA271 dan Sports 360. Ada juga Wolseley CP jenis truk yang diproduksi Isuzu pada 1924. Bagi mereka, inovasi harus terus berjalan. Tapi, masa lalu tidak boleh dilupakan begitu saja.

President, Chief Executive Office (CEO) sekaligus Representative Director Hinda, Takanobu Ito mengatakan bahwa pada 5 Juni 1965 Honda Memamerkan mobil sport berukuran kecil bernama SPORTS 360 untuk kali pertama di Jepang National Auto Show ke-11. Mobil itu menggunakan mesin 360 cc. “Tahun berikutnya kami memulai bisnis mobil,” kata Ito di arena TMS, Tokyo, Big Sihjt, kemarin.

Sementara itu Honda RA271 merupakan mobil balap F1 pertama yang digunakan Honda saat berpartisipasi dalam balap F1 pada 1964. Mobil berpenampilan ramping dengan angka 20 di berbagai sisi bodinya itu dikendarai pembalap asal Amerika Serikat Ronnie Bucknum. Saat memutuskan terjun ke sirkuit F1, Honda baru setahun memulai penjualan mobil. “Pada waktu itu banyak orang berpikir ini adlaah upaya gila. Tapi, hasilnya dalam tahun kedua, Honda merebut kemenangan F1 pertama,” ujar Ito.

Cukup mikir Belok, kendaraan pun belok selain itu, produk-produk mobil terbaru yang dipajang di Tokyo Motor Show 2013 selalu identik dengan adanya terobosan teknologi baru. Karena itu, panitia menyiapkan area khusus untuk mewadahi adu teknologi tersebut.
Diberi tema smart mobil city, area itu khusus berisi ‘mimpi-mimpi’ untuk membuat jalanan dan alat transportasi lebih nyaman untuk manusia. Mimpi, tersebut, antara lain, tergambar dari produk Honda yang berambisi menciptakan teknologi baru yang terintegrasi dengan manusia. “Anda duduk santai saja, lalu anda pikirkan mau kemana, maka Unicub-B ini akan membawah anda kesana.” ujar Chief Engineer Smart Mobility Development Division Honda R&D CO Ltd Japan, Makoto Hasegawa kemarin.

Merasakan sendiri Unicub-B memang unik. Penulis cukup memiringkan badan ke depan untuk maju dan belakang untuk berhenti, persis seperti saat menggunakan Segway. Pria ramah itu menjelaskan bahwa sebenarnya hak paten kendaraan Segway itu milik Honda Jepang yang dikembangkan tahun 1986. “Sehingga, saat Segway dijual di Jepang, perusahaan mereka meminta izin kepada Honda dahulu.” tutur pengoleksi motor tersebut.

Bedanya saat ingin berbelok, cukup pikirkan saja ingin belok kemana, Unicub-B akan berbelok. “Pikiran manusia itu memprogram berat badan kita, nah itu yang diterjemahkan Unicub-B ini jadi sebuah belokan,” ucap Makoto yang mengaku mengembangkan varian Unicub-B terakhir ini selama dua tahun.

Saat ini petinggi Honda sedang memikirkan model bisnis untuk Unicub agar bisa menjadi lini bisnis baru untuk Honda. “Kita sedang mengedukasi pasar dengan meminjamkan tiga unit Unicub-B ke Museum Tokyo Mirai-Kan untuk digunakan pengunjung disana,” ungkap Maroto.

Selain Unicub-B, Honda menciptakan kendaraan mungl yang hanya bisa diisi satu orang (atau dua orang tandem depan belakang) yang mampu sebagai alat transportasi perkotaan. Mobil personal itu diberi nama Honda MC-B.

Sumber Media Cetak : Riau Pos, 23 November 2013

This entry was posted in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *