Solo: 46 Halte Bakal Dibongkar

Solo – Dishubkominfo bakal membongkar 46 halte bus. Puluhan halte itu masuk dalam 76 halte yang tersebar di Kota Bengawan. “Halte itu akan direvitalisasi, bisa dengan dibongkar keseluruhan atau hanya diperbaiki di beberapa titik,” jelas Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedrajat saat mengikuti Mider Praja di Kelurahan Danukusuma, Jumat 15/11.
Menurut dia, pembongkaran dilakukan karena halte yang sudah kurang memenuhi syarat. Halte tersebut sudah tidak menjadi jujugan orang untuk naik kendaraan umum.

Dalam perbaikan, ujar Yosca halte tersebut akan dibuat dengan konsep selter untuk bus Batik Solo Trans (BST) yang akan menggunakan lantai tinggi. “Ke-46 halte yang akan dibongkar itu bisa dibuat selter permanen atau portabel. Anggaran sudah kami siapkan. Untuk halte permanen disiapkan Rp 75 juta setiap selter, sementara yang portabel Rp 2 juta,” tutur pria berkumis tebal tersebut.

Yosca mengaku, pihaknya sudah berpengalaman dalam membongkar atau memperbaiki halte-halte bus di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, pihaknya menghilangkan sebelas halte lama dan menggantinya dengan halte berkonsep selter BST.

Yosca pun tak menampik jika revitalisasi 46 halte itu merupakann bagian untuk mensukseskan pengoperasian BST. Apalagi, sekitar Desember mendatang, Dishubkominfo bersama konsorsium PT BST juga bakal menjalankan BST Kondor dua.

“Persiapan sudah berjalan, Bus yang akan beroperasi di koridor itu juga sudah masuk dalam tahap finishing,” sambung dia.

Dirut PT BST, Farida W Jannah relah jika bus di koridor dua yang dijalankan terlebih dahulu merupakan bus milik Pemkot Surakarta. Dari 16 bus yang sementara akan melayani di koridor dengan trayek Palur-Kartasura PP itu, pihak PT BST selaku konsorsium pengelola mendapatkan jatah enam bus.

“Enam bus milik kami belum selesai dikerjakan karoseri. Jadi pakai sepuluh bus milik Pemkot dulu,” tandas Farida.

Sumber Media Cetak : Suara Merdeka, 17 November 2013

This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *