Pemko Pekanbaru Tutup Lagi Dua Gerai Indomart dan Alfamart

Pemerintah Kota Pekanbaru yang terdiri dari tim gabungan Satpol PP dan Badan Pelayanan Terpadu menutup sementara dua gerai Indomart dan satu Alfamart di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Jumat.

Berita sebelumnya : Pemerintah Kota Pekanbaru Bakal Tindak Alfamart dan Indomaret

Kepala Seksi PPNS Satpol PP Pekanbaru, Ahmad Junaidi mengatakan penutupan dilakukan sementara karena izin belum lengkap. Sesuai instruksi Wali Kota Pekanbaru, semua usaha Indomart dan Alfamart seharusnya melengkapi izin sebelum mulai buka usaha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Elsyabrina menegaskan bahwa perusahaan ritel waralaba tidak boleh beroperasi sebelum mengantongi izin. Surat izin itupun bisa keluar setelah ada rekomendasi dari Disperindag.

Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, baru 33 gerai Indomart dan 55 Alfamart yang mengantongi izin lengkap.

Kepala Disperindag Pekanbaru, Elsyabrina, mengakui cukup banyak waralaba tersebut yang nekat buka usaha dan justru melanggar ketentuan.

Sebab, pemerintah hanya akan mengeluarkan izin untuk ritel waralaba hanya apabila tidak berada dipermukiman dan hanya di jalan-jalan yang areanya diperbolehkan. Setiap izin usaha waralaba yang dikeluarkan melalui BPT harus melalui rekomendasi dan peninjauan lapangan dari Dinsperindag Pekanbaru.

Sumber: zamrudtv.com

This entry was posted in Bisnis & Ekonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *