Buat Pupuk Rumahan Untuk Tanaman Anda

Jika selama ini anda membeli pupuk untuk menyuburkan tanaman di depan rumah, sudah saatnya anda meninggalkan kebiasaan itu dan beralih dengan membuat pupuk sendiri. Ada sejumlah tips membuat pupuk rumahan seperti yang dimuat about.com.

1. Pupuk Garam Epsom digunakan untuk tumbuhan pangan di kebun, pupuk sayuran, mawar. Garam Epsom mengandung magnesium dan sulfat–keduanya adalah nutrisi vital bagi tanaman. Beberapa tanaman sangat menyukai magnesium, cobalah pada tumbuhan rumahan, mawar, tomat, kentang atau cabai.

Bahan diperlukan:

  • 1 sendok Garam Epsom
  • 1 air galon
  • Penyiram air dari kaleng

Kombinasikan garam Epsom dan air. Gunakan cairan tersebut untuk menyiram tanaman. Ulangi sekali setiap satu bulan.

2. Pupuk Bubuk Kopi digunakan untuk menyuburkan tanaman bunga mawar. Bubuk kopi kaya akan nitrogen, magnesium dan potassium–semua adalah nutrisi penting bagi tumbuhan. Mereka juga bersifat asam sehingga membantu menjaga tingkat kadar asam pada tanah.

Bahan dibutuhkan: bubuk kopi, koran, kertas roti

Letakkan kertas roti di atas kertas koran lalu sebar bubuk kopi di atas kertas roti dan biarkan hingga benar-benar mengering tak lagi memiliki kandungan air.

Taburkan bubuk kopi kering di tanah sekitar tanaman yang menyukai asam seperti azalea. mawar, rhododendrons dan buah berri. Jika perlu buka buku panduan tanaman untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan penyuka asam.

Catatan: Berhati-hatilah jangan terlalu banyak memberikan pupuk ini, bahkan tumbuhan pecinta asam bisa mendapat terlalu banyak asam.

3. Pupuk bubuk cangkang telur digunakan untuk jeruk dan lemon. Cangkang telur hampir seluruhnya terbuat dari kalsium karbonat–ini adalah bahan utama yang dibutuhkan dalam perkebunan lemon.

Bahan yang dibutuhkan: Cangkang telur dan blender

Cara membuat: Setiap kali memasak telur jangan buang cangkangnya. Simpan dan biarkan hingga mengering. Tempatkan cangkang telur kering dalam blender dan hancurkan hingga mereka benar-benar menjadi tepung. Taburkan di taman Anda.

4. Pupuk Cuka digunakan untuk pupuk tanaman pangan rumah, tanaman bunga mawar. Asam asetat dalam cuka bekerja untuk meningkatkan kadar asam dalam tanah, tentu saja gunakan hanya untuk tanaman yang menyukai asam.

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 sendok makan cuka
  • 1 galon air
  • kaleng penyiram air

Campur cuka dengan air dan gunakan larutan ini untuk menyiram tanaman Anda. Ulangi lagi sekali setiap tiga bulan.

5. Pupuk air akuarium yang kotor. Air akuarium kaya dengan notrigen dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan menghasilkan baik buah atau bunga. Gunakan bekas air akuarium ini untuk menyiram tanaman anda.

6. Pupuk abu kayu bakar digunakan untuk pupuk taman dan lemon.
Taburkan abu kayu bakar di atas taman dan biarkan menyerap ke tanah.
Catatan: abu kayu bakar tidak seharusnya digunakan bila tanah mengandung alkalin tinggi, dianjurkan untuk tanaman yang suka asam.

Sumber: zamrudtv.com

This entry was posted in News and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *