Banjarmasin Ingin Ramah Investasi

Era globalisasi harus diwaspadai masuk ke Banjarmasin. Geliat penanaman modal (investor) berskala besar dari luar negeri sudah mulai masuik ke kota berjuluk seribu sungai. Regulasi dalam bidang perizinan salah satu hal perlu dibenahi sehingga antara investor lokal maupun asing serta pelaku UMKM tetap bisa berjalan beriringan.

“Kemudahan perizinan, lingkungan dan keamanan penting bagi dunia usaha. Perlu kita benahi agar bisa menerapkan ramah investasi bagi pelaku dunia usaha.” beber Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Banjarmasin, M. Ikhasn Alhak, saat Sosialisasi Perda No. 10 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Penanaman MOdal di Banjarmasin.

Banyak permasalahan terungkap dan menjadi masukan bagi BP2TPM termasuk masih ada bidang belum ditangani pemerintah kota. Bidang energi salah satunya, dimana saat ini untuk regulasi bidang energi tak ada dinas menangani. Padahal hal itu mestinya ada.

Masih adanya pungutan diluar ketentuan juga menjadi keluhan. Termasuk tumpang tindih pungutan. Hal tersebut diakui Sofyan dari LotteMart Banjarmasin. Pungutan resmi namun beberapa kali terjadi untuk di berbagai dinas.

Lukman Fadlun Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, iklim investasi bisa berjalan dengan salah satunya adanya kepastian hukum. Kebijakan harus diterapkan sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

“Sebagai salah satu contoh bagi seseorang ingin mengurus perizinan harus ada kepastian berapa hari bisa selesai,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin, Irwan Anshari, mengatakan selama ini Banjarmasin terbuka untuk semua investor.

“Aturan tentang penyelenggaran penanaman modal sudah dibuat. Penting pastinya masukan dari para pengusaha untuk pelaksanaan ucap Irwan.

Sumber Media Cetak : Banjarmasin Post, 31 Oktober 2013.

Note: Bagi yang membutuhkan transportasi atau promosi usaha rental mobil Banjarmasin hubungi kami.

This entry was posted in Bisnis & Ekonomi, News and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *