Sepuluh Penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru Ditunda

Kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru, Rabu kemarin(28/8) telah membuat sepuluh jadwal penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II tertunda. Penundaan itu, karena landasan pacu tertutup kabut asap yang tebal.

Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Baiquni, menyebutkan karena landasan sejak bandara mulai dioperasionalkan pukul 05.00 pagi tertutup kabut asap, maka pihak otorita terpaksa menutup bandara. Jarak pandang di landasan pacu sangat minim, kurang dari 500 meter. “Kondisi ini membahayakan bagi pendaratan pesawat,” kata Baiquni.

Sepuluh penerbangan yang tertunda adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala, Air Asia, Citylink, Silk Air. “Penundaan terjadi mulai pagi hingga siang,” kata Baiquni.

Disebutkan, salah satu pesawat yang akan mendarat pagi itu di Pekanbaru, Mandala Air dari Jakarta, terpaksa mendarat di bandara Kuala Namu Medan.

Aktifitas di Bandara Sultan Syarif Kasim II baru kembali normal pada siang harinya, setelah kabut asap mulai menipis di landasan pacu. (sumber: zamrudtv.com)

INfo lainnya : Kualitas Udara di Sebagian Wilayah Riau Berbahaya.
Kabut asap yang terjadi dalam tiga hari ini di Riau, telah membuat kualitas udara ikut tercemar. Dari sejumlah pantauan di sejumlah daerah, kualitas udara masuk kategori berbahaya.

Alat Indeks Standar Pencemar Udara atau (ISPU) yang berada di Kota Pekanbaru pada Selasa pagi sekitar pukul 09.00 WIB menunjukan udara tidak sehat.
Alat ISPU yang terpasang di Minas, Kabupaten Siak, menunjukkan angka 153 psi yang juga berarti kurang sehat, kemudian di Duri, Kabupaten Bengkalis, pada jam yang sama sempat menunjukkan angka 332,50 psi yang artinya sudah sangat tidak sehat.

Penurunan kualitas udara di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Riau yang terdeteksi oleh alat ISPU cukup fluktuasi. Semisal, pada pukul 07.00 WIB indeks pencemaran udara di Kota Pekanbaru berada pada baku mutu 167 psi, Minas (72,50 psi), Duri (98-127,50 psi).

Sedangkan, pada pukul 11.00 WIB kualitas udara di Pekanbaru berada pada angka 154 psi, Minas (139,25 psi), dan Duri (132,50 psi). Kemudian, pada pukul 13.00 WIB kualitas udara di Pekanbaru mulai membaik, yakni berada pada angka 86 psi, Minas (82,25 psi), dan Minas (117,50-170 psi).

Pakar lingkungan dari Universitas Riau, Tengku Ariful Amri, mengatakan, Orang dengan riwayat penyakit paru-paru, penyakit jantung, atau lanjut usia dianjurkan untuk tetap tinggal di dalam rumah dengan pintu dan jendela tertutup. (sumber: zamrudtv.com)

Note: Dengan kembalinya kabut asap ini tentunya dapat mempersulit pelanggan Gloria Rent Car Pekanbaru. Yang akan beraktifitas di Provinsi Riau, semoga permasalahan kabut asap ini dapat teratasi dengan cepat.

This entry was posted in Transportasi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *