Pacu Jalur Kuansing Dimulai, Ribuan Orang Menyaksikan

Pesta budaya Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi, Kamis(22/8) dimulai. Pembukaan diawali dengan pawai budaya dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi.  Acara pembukaan dilakukan Wakil Gubernur Riau H.R.Mambang Mit dan Bupati Kuansing Sukarmis di Lapangan Limono Taluk Kuantan, Kamis(22/8).

Turut menghadiri Forkopinda Riau seperti Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono, Danrem 031 Wirabima Teguh Raharjo, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, para pemuka agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, alim ulama, serta sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkup Pemerintah Provini Riau dan Kuantan Singingi.

Ribuan masyarakat Taluk Kuantan dan para wisatawan menyaksikan pawai budaya itu. Bagi masyarakat Kuansing, pacu jalur dengan memakai perahu tradisional ini memiliki makna. Filosofi pacu Jalur itu, seperti kata Bupati Kuansing Sukarmis adalah gotong royong, tolong menolong, semangat persatuan dan kesatuan.

Sementara Wakil Gubernur Riau Mambang Mit menyebutkan Pacu Jalur Kuansing tidak lagi sebagai ajang tradisi masyarakat Kuansing, tapi juga sudah menjadi daya tarik pariwisat Riau. “Pacu jalur sekarang tidak saja Mambang.

Dalam tahun ini, sebanyak 128 jalur (perauhu) ikut berlomba. Para peserta berasal dari pelosok desa-desa di Kuantan Singingi, serta sejumlah kabupaten-kota di Riau. Sumber:zamrudtv.com

This entry was posted in Travelling and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *